Kolesterol Jahat LDL

Lemak ada yang disebut kolesterol dan trogliserida. Kolesterol ada dua macam, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat LDL akan mengangkut lemak-lemak untuk dibawa ke hati, kemudian dijadikan garam empedu. Berbeda dengan HDl, nilai kolesterol LDL (Low density lipoprotein) harus rendah (<100 mg/dl atau < mg/dl, tergantung standar dari baloratorium). Trigliserida harus <150 mg/dl. Kenaikan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) akan diendapkan di dalam pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner dan stroke. Jika kadar troigliserida  tinggi, kurangi buah yang rasanya manis atau untuk sementara hentikan konsumsi jus buah. Selain itu, lakukan olahraga teratur.

Buah dan sayuran yang baik untuk penderita kolesterol jahat LDL yang tinggi :

Buah : apel, kesemek, avokad, anggur, belimbing,bengkuang jeruk, melon, semangka, pisang, jambu biji, sawo, dan pace.

Sayur : bayam, kembang kol, bit, seledri, buncis, tomat, kedelai, belimbing wuluh dan wortel.

Serat yang laeut dalam air memiliki manfaat lain disamping menurunkan kolesterol jahat ldl yaitu dapat mengurangi keperluan insulin. Karena itu bermanfaat bagi orang diabetes dalam mengatur gula darah.   Diit dengan kadar tinggi akan serat dan karbohidrat menurunkan keperluan insulin antara 20-25%. Dengan cara diatas dapat mengehentikan penggunaan obat dari 90% pasien diabetes mellitus golongan 2. Arti lain yang lebih penting adalah makan oat bran mengakibatkan seseorang tidak cepat merasa lapar.

kolesterol

Orang tua zaman dulu menganggap bawang putih sebagai makanan dan sekaligus obat. Orang Mesir menggunakannya untuk mengobati sakit usus dan perut, orang Cina menggunakannya untuk melegakan pernapasan dan sakit dada. Karena mempunyai sifat mengurangi keracunan bawang putih merupakan pembersih dan pencair darah. Beberapa penelitian telah menujukkan bahwa bawang putih terbukti dalam percobaan ini menurunkan kolesterol yang jahat dan menaikkan kolesterol yang baik, dan juga mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah

Terapi spesifik untuk penurunan kolesterol mencakup modifikasi makanan, resin yang dimakan untuk sekuestrasi asam-asam empedua di usus untuk mencegah penyerapan kolesterol, dan obat-obat yang menghambat sintetis kolesterol intrasel. Pemantauan keefektifan terapi dalam menurunkan kolesterol harus dilakukan cukup dini untuk memberikan umpan-balik positif kepada pasien setelah mereka memulai terapi, tetapi juga harus cukup lama untuk mendeteksi adanya perubahan kadar kolesterol yang seyogyanya terjadi dalam 4 sampai 6 minggu. Pengukuran-pengukuran tersebut harus didahului oleh 3 hari diet rutin dan puasa 12 sampau 14 jam sebelum pengambilan darah. Pasien dirumah sakit biasanya mengalami perubahan besar dalam diet mereka ditambah terapi cairan intravena, kedua hal ini dapat mengubah kadar kolesterol secara bermakna dalam beberapa hari sehingga manfaat pemeriksaan kolesterol  yang jahat dan tinggi dalam menilai resiko penyakit jantung menjadi bekurang.

 


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Menurunkan Kolesterol and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>