Cara Menurunkan Kolesterol Jahat

Sebenarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh. Namun, jika kadarnya dalam darah lebih dari 200mg/dl setelah minimal 10 jam puasa, kolesterol malah menjadi penyebab berbagai penyakit. Koleseterol malah menjadi penyebab berbagai penyakit. Koleserol adalah salah satu jenis lemak dalam tubuh yang berguna untuk pembentukan sel dan berbagai hormon. Dengan demikian, kolesterol sangat dibutuhkan tubuh agar kita bisa hidup sehat atau normal.

kolesterolsiklus-kolesterolGambaran : Siklus terjadinya kolesterol

Menurut staf Departemen Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Suharti K.S., Sp.FK., bahwa tanpa kolesterol seseorang tidak dapat hidup, tapi jika jumlah kadarnya tinggi di atas 200 mg/dl, disini kolesterol bukan lagi berguna, tetapi menjadi penyebab berbagai penyakit. Dan apabila tidak ditangggulanfi bisa membahayakan nyawa penderita.

Sedangkan menuru dr. Samsuridjal, peningkatan kadar kolesterol berisiko untuk terjadinya arterioklerosis (pengerasan pembuluh darah). Proses arteriosklerosis juga dipengaruhi usia, umumnya usia diatas 50 tahun mudah terjadi. Karena itu, pada usia ini tingkat kepedulian pada kesehatan harus lebih tinggi dan serius.

Secaa klinis, kadar kolesterol digunakan sebagai ukuran walaupun berdasarkan patolfisologi yang paling berpran sebagai faktor risiko penyakit jantung koroner adalah kolesterol LDL. Kadar kolestero toal penelitian bisa menggambarkan kolesterol total dan kolesterol LDL. Kadar yang diharapkan tentunya di bawah 200 mg/dl. Sebab, jika diatas itu, jadi kolesterol berlebih (hyperchlosterolemia). Untuk menurunkan kolesterol dengan mengamalkan gaya hidup sehat. Yaitu, mengurangi konsumsi makanan berlemak yang sehari-hari kita makan, antara lain makanan atau kue-kue yang terbuat dari keju, mentega, daging dan susu.

Langkah–langkah lain yang perlu kita lakukan untuk mencegah dan menurunkan kolesterol, adalah :

  1. Mempertahankan pola makan sehari-hari yang seha dan seimbang. Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah karena serat-serat makanan bisa mengurangi penyerapan lemak di usus halus. Selain itu, kita harus membatasi konsumsi makanan tinggi lemak.
  2. Melakukan kegiatan jasmani yang cukup sesuai dengan berat badan yang ideal.
  3. Mempertahankan berat badan agar sesuai dengan berat badan ideal
  4. Tidak merokok
  5. Kita perlu mewaspadai kadar glukosa darah karena faktor keturunan

Pegobatan penderita dengan kolesterol tinggi disebut juga dengan istilah displipidemia tidaklah perlu cepat-cepat menggunakan obat penurun kolesterol, selama 3-6 bulan bisa diupayakan perencanaan makanan, latihan jasmani sedangkan bagi yang menderita diabetes dilakukan pengendalian glukosa.

 


=====================================

>>> Obat Kolesterol Dapat Membantu Dalam Menurunkan Kolesterol Tinggi, Menormalkan kadar Kolesterol, Meningkatkan Kolesterol Baik dan Mencegah Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Menurunkan Kolesterol, Menurunkan Kolesterol and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *