Cara Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Ada mitos mengenai kolesterol yang menyatakan bahwa agar sehat kadar kolesterol dalam darah haruslah nol. Sebenarnya, tanpa kolesterol orang akan mati karena kolesterol memang dibutuhkan untuk kehidupan. Bahkan tanpa kolesterol, testosteron dan estrogen tidak akan bisa dihasilkan sehingga orang tidak akan mungkin menghasilkan keturunan. Selain itu, tanpa kolesterol usus tidak akan dapat mencerna makanan, dan sel-sel tubuh pun tidak bisa membuat lapisan penutup yang dikenal sebagai membran plasma. Oleh karena itu, kolesterol tidak bisa disebut tidak baik. Kolesterol hanya menjadi tidak baik jika kadarnya berlebihan, yang elanjutnya bisa mengendap dalam tempat berbahaya seperti dinding arteri. Hal yang harus dilakukan jika masalah ini sudah terjadi adalah cara menurunkan kolesterol dalam darah.

Kebanyakan kolesterol yang mengalir dalam darah dibuat dalam hati, sementara minoritasnya datang darimakanan. Makanan tertentu selain mengandung kolesterol juga mengandung lemak jenug dan lemak trans. Kenyataannya, lemak jenuh dan lemak trans dalam makanan lebih meningkarkan kadar kolesterol darah dibandingkan kolesterol yang ada dalam makanan tersebut. Karena itu, upayakan cara menurunkan kolesterol dalam darah sengan cara mengurangi konsumsi lemak jenug dan lemak trans serta mengimbanginya dengan berolahraga secara rutin.

kolesterol

Cara menurunkan kolesterol dalam darah adalah dengan mengonsumsi vitamin E. Kolesterol secara langsung dipengaruhi oleh diet seseorang. Mengetahui kadar kolesterol darah dapat digunakan sebagai pendorong dan penuntun untuk memperbaiki diet sehari-hari. Adapun upaya menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida secara alamiah dapat dilakukan dengan cara :

  1. Membatasi kolesterol dengan ketat. Kurangi semua produk hewani, seperti daging, sosis, kuning telur, hati, dan produk susus. Bila menggunakan produk ikan/unggas sebaiknya gunaka sekali-sekali saja.
  2. Mengurangi semua lemak jenuh, terutama dengan menghindari produk hewan.
  3. Capailah berat badan yang ideal
  4. Makanlah banyak sayur-sayuran dan buah-buahan yang alamiah.
  5. Berjalan kaki setiap hari.
  6. Konsultasikan dengan dokter. Bila mungkin, gantilah obat diuretik dan bila perlu gunakanlah obat penurun kolesterol.

Buah belimbing adalah buang yang bentuk irisannya seperti bintang ini mengandung protein, kalsium, fosfor, dan besi. Kandungan vitamin A, B1, dan C membuat belimbing berkhasiat yang hampir sama dengan buah-buahan lain. Selain itu, belimbing juga mengandung sedikit lemak tak jenuh yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kanker. Di dinding sel belimbing terdapat pektin, sehingga dapat dibuat jeli. kemampuan pembentukan gel ini mempunyai pengaruh dalam menurunkan kolesterol. Dalam hal ini, pektin mengikat kolesterol dan asam empedu di dalam usus serta mendorong pengeluarannya.


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Menurunkan Kolesterol, Menurunkan Kolesterol and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>